• Hidup Sehat Alami

    kesehatan sangat penting bagi kita untuk menjaga tubuh dari penyakit. mari kita hidup sehat

    Tuesday 5 January 2016

    Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat

    Asam urat akan sangat menyiksa ketika kondisinya sudah sangat parah. Anda pun tidak dapat tidur nyenyak akibat nyeri yang sangat di daerah persendian. Berbagai macam obat asam urat berbahan kimia buatan banyak ditawarkan di toko atau apotik terdekat. Namun tahukah Anda bahwa obat-obatan kimia untuk asam urat tersebut banyak menyebabkan efek samping? Beralihlah pada solusi aman tanpa efek samping yang didapat dari manfaat daun kelor untuk asam urat.

    Apa itu asam urat? 
    Asam urat merupakan senyawa yang diperoleh dari hasil metabolisme purin dalam tubuh. Purin sendiri merupakan senyawa yang terdapat pada berbagai jenis bahan makanan baik hewani maupun nabati.Dalam kondisi normal asam urat dikeluarkan oleh ginjal bersama dengan urin. Jika produksi asam urat tinggi yakni melewati kadar 3,5-7,2 mg/dl (untuk laki-laki dewasa)  dan  2,6-6,0  mg/dl (untuk  perempuan) maka ginjal tidak lagi mampu mengeluarkan semuanya. Ditambah dengan kebiasaan kurang minum air putih yang fungsinya sebagai pelarut, menyebabkan asam urat ini mengendap di ginjal dan sendi. Endapan asam urat di ginjal bisa menyebabkan batu ginjal sedangkan endapannya di sendi menyebabkan penyakit gout. Penyakit gout ditandai dengan timbulnya rasa nyeri yang sangat disertai bengkak di daerah persendian akibat kristalisasi asam urat.

     Manfaat daun kelor untuk asam urat
    daun kelor untuk asam urat diberikan dari senyawa aktif yang terkandung didalamnya. Senyawa tersebut yakni alkaloid dan flavonoid yang berfungsi sebagai pencegah pembentukan asam urat, analgesik (pereda rasa sakit) dan anti inflamasi (peradangan). Jenis alkaloid yang berperan dalam menghambat pembentukan asam urat yakni kholkisin. Senyawa ini juga menghilangkan reaksi radang dengan cara menghambat aktivitas sel darah putih dalam melakukan phagositosis. Jika reaksi radang dapat dihambat maka timbulnya bengkak merah di persendian dapat dihindari.
    Efeknya yang sama dengan obat kimia buatan namun tanpa efek samping, menjadikan daun kelor menjadi solusi aman untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat. Beralihlah pada konsumsi daun kelor untuk asam urat Anda, ketimbang membeli obat-obatan kimia yang justru berbahaya bagi organ tubuh lain.

    No comments:

    Post a Comment