• Hidup Sehat Alami

    kesehatan sangat penting bagi kita untuk menjaga tubuh dari penyakit. mari kita hidup sehat

    Saturday 30 January 2016

    Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes

    Gula aren sebenarnya merupakan gula alami yang menurut beberapa sumber tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada penderita kencing manis. Benarkah demikian halnya? Bukankah penyakit kencing manis sendiri merupakan penyakit akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula?
    Terkait dengan pertanyaan tersebut di atas, perlu diketahui bahwa penyakit kencing manis bukanlah akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula ataupun makanan makanan yang mengandung gula. Penyakit diabetes terjadi akibat gangguan produksi insulin, gangguan fungsi insulin maupun gabungan dari kedua penyebab tersebut. Dengan terjadinya gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin maka tidak ada lagi yang mampu mengontrol setiap gula yang masuk ke dalam tubuh sehingga kadar gula darah pun meningkat.



    Kandungan gula aren 
    Dalam gula aren terkandung beberapa unsur makro dan mikronutrien, diperkirakan, kandungan keduanya dalam gula aren lebih tinggi dibandigkan gula putih.
    Beberapa kandungan mikronutrien dalam gula aren antara lain : 
    Thiamine (vitamin B1),
     Riboflavin (vitamin B2), 
    Nicotinic Acid (vitamin B3), 
    Pyridoksin (vitamin B6), 
    Cyanocobalamin (vitamin B12), 
    Ascorbic Acid (Vitamin C), dan Garam mineral
    Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan.
     
    Dibawah ini adalah beberapa manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh manusia, antara lain :


    1.Baik untuk penderita diabetes.
    Gula aren mengandung kadar gula lebih rendah dibandingkan gula putih. Gula aren juga dipercaya dapat menurunkan kadar lemak tak jenuh dalam tubuh.

    2. Membuat intensitas istirahat anda lebih baik
    Selenium dalam gula aren dapat membantu melemaskan otot syaraf tubuh yang tegang, sehingga dapat memberikan efek rileks. Mengkonsumsi minuman dengan campuran gula aren dipercaya dapat membuat tidur lebih nyeyak.

    3. Cocok dimasukkan kedalam makanan untuk diet.
    Rendahnya kalori dalam gula aren menjadikannya cukup aman dan tidak akan meningkatkan kolesterol tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi dalam program diet anda.

    4. Pencegah Anemia.
    Gula aren mengandung zat besi cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari serangan anemia.

    5. Mengandung Antioksidan.
    Gula aren juga mengandung antioksidan sehingga Mengkonsumsi gula aren secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal.

    6. Meningkatkan Daya tahan tubuh. 
    Gula merah bersifat manis alami dan menghangatkan. Selain itu beberapa kandungan unsur kimia dalam gula merah dapat membantu memperlancar peredaran darah, menguatkan limpa, memberikan rasa hangat dan juga mengurangi nyeri pada lambung. Mengkonsumsi gula merah dengan porsi yang cukup secara rutin dan teratur juga dapat meningkatan daya tahan tubuh.
     
    Gula Aren Pemanis yang Baik Bagi Penderita Diabetes 
    Bagaimana dengan konsumsi gula aren? Apakah memang benar-benar baik bagi penderita kencing manis? Seperti yang telah dijelaskan di awal tadi bahwa konsumsi gula aren pada penderita diabetes tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Alasan pertama mengapa konsumsi gula aren tidak menyebabkan lonjakan gula darah adalah karena gula tersebut merupakan gula murni. Berbeda dengan gula pasir yang sebenarnya merupakan gula buatan yang umumnya ditambahkan pemanis buatan ke dalamnya.
    Alasan kedua mengapa kemudian gula aren dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah karena gula aren ternyata memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini artinya ketika gula aren masuk ke dalam tubuh, proses pencernaan dan penyerapan glukosa yang dihasilkan berlangsung lambat sehingga dapat menghambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Dengan begitu kadar gula darah akan tetap stabil.

    No comments:

    Post a Comment