• Hidup Sehat Alami

    kesehatan sangat penting bagi kita untuk menjaga tubuh dari penyakit. mari kita hidup sehat

    Saturday 16 January 2016

    Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

    Kopi merupakan jenis minuman yang berasal dari ekstraksi biji tanaman kopi yang diproses melalui pengolahan. Selain mempunyai kandungan kafein, ternyata kopi juga mempunyai kandungan asam buah, asam organik, lemak, alkaloid, mineral, potasium, magnesium dan besi yang banyak bermanfaat bagi kecantikan wajah dan kulit. kopi juga dapat bermanfaat bagi kecantikan tubuh, seperti kecantikan wajah, kecantikan kulit, kecantikan rambut dan sebagainya.


    Kandungan Kimiawi Kopi

    1. Kafein
    Kafein ditemukan didalam beberapa biji daun dan buah dari beberapa tanaman, kopi adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan kafein yang paling sering dinikmati oleh manusia, kafein diklasifikasikan sebagai drug dan diakui aman dalam dosis tertentu, melebihi dosis yang ditentukan akan menyebabkan ketergantungan, dalam konsumsi yang sudah menahun kafein dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti kanker dan masalah gangguan tidur.
    2. Air
    Air atau H2O adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kopi, kandungan kimiawi kopi yang satu ini adalah bagian yang penting bagi tubuh, karena 70% tubuh adalah air dan meskipun kandungan air didalam kopi terkadang tidak digunakan (dilakukan pengeringan pada biji kopi) namun kandungan air didalam kopi adalah bagian dari senyawa kimiawi kopi.
    3. Ethyphenol
    Zat yang satu ini mungkin asing bagi kita, namun zat ini seperti adalah aroma khusus pada kopi, zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheromone.
    4. Quinic Acid
    Rasa asam pada kopi ditentukan pada jumlah zat yang satu ini, kadar quinic acid pada kopi terkadang jumlahnya berbeda-beda, zat ini digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai bahan pembuatan obat flu.
    5. Dicaffeoylquinic Acid
    Zat ini adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Meskipun kadar antioksidan didalam biji kopi tidak sebanyak tumbuhan obat lain, namun kopi adalah salah satu suplayer antioksidan paling banyak dikonsumsi didunia.
    6. Dimethyl Disulfide
    Pada biji kopi yang masih hijau atau belum dikeringkan dan di sangrai, kandungan senyawa ini termasuk senyawa yang banyak, zat ini lah yang membuat kotoran manusia berbau, mirip dengan senyawa sulfur.
    7. Acetylmethylcarbinol
    Zat yang satu ini adalah zat yang membuat kopi terasa gurih di lidah, zat ini banyak ditemukan pada mentega.
    8. Putrescine
    Zat yang dihasilkan oleh bakteri E.Coli ini adalah bakteri yang membuat sesuatu menjadi busuk, zat ini adalah hasil dari pembusukan dari bakteri tersebut.
    9. Trigonelline
    Zat yang satu ini adalah zat yang dapat melindungi gigi, meski kadang seorang peminum kopi agak hitam gigi nya, namun zat ini yang membuat gigi peminum tidak gampang berlubang.
    10. Niacin
    Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk proses-proses yang ada didalam tubuh, oleh karenanya meminum kopi hanya di anjurkan paling banyak 2-3 kali sehari
    Manfaat Kopi untuk Kecantikan
    – Mencegah dan Mengurangi Kerutan di Kulit
    – Menghaluskan Kulit
    – Mencegah Timbulnya Jerawat
    – Melembabkan Kulit
    – Membantu Menghilangkan Sel Kulit Mati
    – Menghilangkan Bau Badan
    – Menghilangkan Selulit
    – Menetralkan Kulit Yang Teriritasi
    – Memberikan Nutrisi pada Kulit
    -Kopi Bermanfaat Menyegarkan Kulit Wajah
    Buatlah segelas kopi, lalu masukkan ke dalam cetakan es batu, kemudian bekukan ke dalam freezer hingga beku. Setelah kopi membuka potonglah es kopi tersebut, setelah itu usaplah ke bagian wajah seperti memakai lotion. Cuci bersih wajah menggunakan air bersih, dan rasakan wajah akan terasa kembali segar.
    -Merevitalisasi Kulit dengan Kopi
    Ambil 3 sendok teh kopi, kemudian campurkan dengan 1 sendok teh susu, lalu buatlah hingga menjadi pasti. Setelah itu ambil pasta tersebut, lalu oleskan pada wajah sebagai scrub. Pijat seluruh area wajah secara perlahan-lahan dalam gerakan melingkar, kemudian biarkan hingga pasta mengering. Setelah kering, bilaslah wajah dengan air dingin, lalu keringkan dengan ganduk lembut dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan.
    -Kopi Berkhasiat Mengencangkan Kulit
    Cucilah kulit wajah terlebih dahulu dengan kapas yang telah dibasahi dengan larutan kopi yang telah diseduh. Selain bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, larutan kopi yang dijadikan lotion tadi dapat menghilangkan kecoklatan pada kulit wajah dan tubuh.
    Kopi Bisa Melangsingkan dan Menghaluskan Kulit
    Sebelum menggunakan kopi, sebaiknya sikatlah tubuh sahabat terlebih dahulu dengan menggunakan sebuah sikat khusus tubuh, kemudian balurkan kopi yang ditumbuk kasar ke seluruh bagian tubuh dan gosoklah secara perlahan-lahan sebagai scrub. Di India, kebiasaan ini dipercaya dapat melangsingkan tubuh bila dilakukan secara teratur, karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat menghancurkan sel lemak.
    -Menjadikan Kobi untuk Body Massage
    Campurkan kopi dengan kakao butter atau mentega biasa, setelah itu pijatlah perlahan-lahan ke seluruh bagian tubuh hingga rata. Cara ini dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit, memelihara kulit, melembapkan dan mencegah keriput.
    -Khasiat Kopi Membuat Rambut Hitam Alami
    Campurkan 2 kuning telur, 1 sendok rum dan 2 sendok air hangat, kemudian tambahkan dengan 1 sendok kopi bubuk dan minyak sayur, lalu aduk hingga rata. Setelah itu oleskan masker tersebut ke bagian rambut dan diamkan selama kirang lebih 5 menit dan bilas dengan air hangat.

     Itulah beberapa manfaat kopi dan cara menggunakan kopi untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaar bagi sahabat.

    No comments:

    Post a Comment