• Hidup Sehat Alami

    kesehatan sangat penting bagi kita untuk menjaga tubuh dari penyakit. mari kita hidup sehat

    Tuesday 16 February 2016

    Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

    Manfaat Dan Khasiat Temulawak Bagi KesehatanManfaat temulawak memang banyak sekali untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Karena temulawak ini mengandung beberapa unsur yang mampu mengobati beberapa jenis penyakit, maka bagi Anda yang menyukai pengobatan alami atau tradisonal, menjadikan temulawak sebagai obat herbal alami merupakan pilihan yang terbaik. 
    Apa saja yang terkadung dalam temulawak?  bermanfaat bagi kesehatan: 
    -Pati 58,24 gram 
    -Lemak 12,10 gram 
    -Serat kasar 4,20 gram 
    -Protein 2,90 gram 
    -Kurkumin 1,55 gram 
    -Mineral 4, 29 gram 
    -Minyak atsiri 4,90 gram
    Banyak sekali kegunaan temulawak untuk kesehatan. Di bawah ini ada 20 manfaat dan khasiat temulawak bagi kesehatan:

    1. Memelihara fungsi hati
    Kandungan kalagoga pada temulawak berfungsi untuk dapat memproduksi empedu di dalam hati dan mer*ngsang pengosongan pada kandung empedu. Temulawak juga mengurangi kerja enzim GOT alias glutamate oksaloasetat transaminase dan menurunkan kerja enzim GPT atau glutamate piruvat transaminase yang baik. Hasil uji klinis menunjukkan bahwa dosis yang pakai untuk menurunkan kadar SGOT dan juga SGPT adalah 15-30 mg kurkumin.
    2. Menambah naf-su makan
    Efek minyak atsiri pada temulawak yang bersifat karminativum dapat menambah naf-su makan. Caranya adalah ambil 25 gr temulawak, ditambah 10 gr asam jawa dan juga gula merah secukupnya kemudian direbus dengan 600 cc air sehingga tersisa sekitar 300 cc, saring dan minum ramuan tersebut.
    3. Memperbaiki fungsi pencernaan
    Serbuk rimpang temulawak dapat meningkatkan aktivitas di dalam cairan lambung sehingga bisa membantu metabolisme dan juga mengurangi kontraksi usus halus. Caranya adalah ambil 2 gram rimpang kering temulawak atau 8 gram temulawak yang segar. Panaskan rimpang tersebut dengan air hingga mencapai suhu 90 derajat kurang lebih selama 15 menit. Kemudian disaring, minum 2 hingga 3 kali sehari di antara waktu-waktu makan.
    4. Mengurangi radang sendi
    Kandungan Kurkumin pada temulawak berperan sebagai anti radang yang jumlahnya setara dengan 100 mg fenilbutazon yang mampu mengurangi nyeri dan juga radang sendi.
    5. Menurunkan lemak darah
    Ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoidnya mampu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan juga meningkatkan kadar HDL pada kolesterol. Komponen yang berperan dalam menurunkan kadar  lemak darah ialah kurkuminoid.
    6. Sebagai anti oksidan
    Kurkumin yang terkandung pada temulawak bermanfaat sebagai antioksidan sebab mampu menangkap berbagai radikal bebas, misalnya seperti anion superoksid dan juga radikal hidroksil sehingga dapat membantu menjaga kesehatan. Caranya adalah gunakan ekstrak kering temulawak kemudian direbus , minum 3 kali dalam sehari, kurang lebih 250 – 500 mg.
    7. Mengobati jerawat
    Caranya adalah cuci rimpang temulawak kira-kira sebesar 1 jari, kemudian potong. Setelah itu rebus dalam 4 gelas air bersih sampai hingga tersisa separuhnya. Kemudian setelah dingin, saring dan tambahkan madu asli ke dalam air saringan secukupnya, lalu diminum. Pengobatan ini dilakukan 2 kali sehari, setiap kali minum cukup 1 gelas.
    8. Untuk mengontrol kolesterol
    Temulawak juga berfungsi untuk dapat meningkatkan aliran empedu dari dalam kandung empedu ke hati. Cairan pada empedu yang pahit dan berwarna hijau tersebut berperan dalam proses penyerapan sari makanan agar tidak terganggu sehingga dapat mengontrol untuk bisa menormalkan kolesterol jahat yang ada dalam darah.
    9. Menyembuhkan penyakit hepatitis B
    Untuk khasiat yang satu ini silahkan membaca postingan berjudul Cara Mengobati Hepatitis Parah Dengan Temulawak.
    10. Mengobati alergi
    Caranya adalah ambil temulawak kira-kira 2 jari dengan jari daun meniran setengah genggam, daun kumis kucing  setengah genggam dan daun sambiloto ½ genggam. Campur semua bahan-bahan tersebut dan rebuslah dengan 4 gelas air putih sampai tersisa setengahnya ( sekitar 2 gelas). Minum air rebusan tersebut 2 x dalam sehari.  Berikut ini adalah manfaat lain dari temulawak:
    11.   Mengatasi rematik dan asam urat
    12.   Sebagai antiseptik sekaligus antibakteri alami untuk mengobati luka bakar
    13.   Meningkatkan kualitas serta jumlah ASI.
    14.   Penawar rasa sakit alami saat menstruasi pada wanita
    15.   Memperbaiki metabolisme pada sistem pencernaan tubuh
    16.   Meningkatkan vitalitas tubuh
    17.   Mencegah serangan jantung atau stroke
    18.   Sebagai anti kariogenik atau pencegah berkembangnya bakteri yang merusak gigi
    19.   Mengatasi sakit maag
    20.   Mengobati sakit kepala, masuk angin dan sembelit

    Itulah 20 manfaat dan khasiat temulawak bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa kita temukan dalam kandungan temulawak. Yang penting kita dapat memanfaatkan tanaman obat yang satu ini dengan baik.

    No comments:

    Post a Comment