• Hidup Sehat Alami

    kesehatan sangat penting bagi kita untuk menjaga tubuh dari penyakit. mari kita hidup sehat

    Friday 1 January 2016

    Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

    Peminat buah kelapa semakin tinggi, karena masyarakat semakin banyak yang mengetahui tentang banyaknya manfaat yang terkandung pada air kelapa hijau.
    Jenis kelapa hijau ini sangat digemari di masyarakat, harga dari air kelapa hijau lebih mahal dibandingkan dengan air kelapa biasa.
    Air kelapa hijau baik sangat disarankan untuk diminum oleh anak-anak, remaja, orang tua, ibu hamil dan bayi.

     Kaya kandungan Gizi
    Berbagai manfaat air kelapa, antara lain :
    • Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Tiap 30 ml air kelapa hanya mengandung 5,45 kalori dan 1,3 gram gula.
    • Bantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 61 mg potasium dan 5,45 mg sodium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.
    • Menurut penelitian, manfaat air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu terbukti memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan air biasa atau minuman olahraga.


    Manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan tubuh


    1. Rehidrasi tubuh
    Ini adalah manfaat air kelapa muda yang sangat populer. Air kelapa muda adalah pemuas rasa haus yang sangat baik dalam mengalahkan musim panas. Karena komposisi elektrolitnya, air kelapa sering digunakan untuk rehidrasi tubuh dalam kasus dehidrasi dan kehilangan cairan karena diare, muntah atau berkeringat berlebihan. Air kelapa juga merupakan sumber karbohidrat yang baik, yang membantu mengangkat tingkat energi anda.
    Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa muda dapat digunakan untuk rehidrasi tubuh setelah berolahraga. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2012 dalam Journal of International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa air kelapa muda memiliki efek positif yang sama layaknya minuman energi.
    Selain untuk rehidrasi, air kelapa muda juga menenangkan masalah pada perut seperti gangguan pencernaan, asam refluks dan gastroenteritis.
    2. Menurunkan Tekanan Darah
    Air kelapa muda dianggap baik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi (hipertensi), berkat kandungan vitamin C, kalium dan magnesium. Kalium, khususnya, membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek negatif dari natrium.
    Sebuah penelitian yang diterbitkan di West Indian Medical Journal pada tahun 2005 menemukan bahwa air kelapa membantu mengontrol tekanan darah tinggi.
    Untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi, minum secangkir air kelapa muda segar dua kali sehari. Namun air kelapa dalam kemasan mungkin tidak memiliki manfaat yang sama dengan air kelapa muda segar karena mengandung sodium yang tinggi.
    3. Penguat Jantung
    Air kelapa muda bebas lemak dan kolesterol serta menawarkan manfaat perlindungan terhadap jantung. Mereka membantu menurunkan tingkat low-density lipoprotein (LDL atau kolesterol ‘buruk’) dan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL atau kolesterol ‘baik’), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.
    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2012 dalam Journal of Medicinal Food, baik air kelapa muda maupun matang, memiliki efek menguntungkan pada metabolisme lipid dalam melawan peningkatan kolesterol total, very low-density lipoproteins (VLDL), LDL dan trigliserida.
    Ditambah lagi, air kelapa memiliki kandungan antioksidan, sifat anti-inflamasi dan antiplatelet serta membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, hal ini membantu mengurangi pembentukan plak di arteri dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
    4. Meredakan Mabuk
    Air kelapa muda juga merupakan obat alami yang kuat untuk mengatasi mabuk. Alkohol menyebabkan tubuh anda dehidrasi sehingga anda merasa lemas ketika bangun di pagi hari. Air kelapa mengisi ulang elektrolit dalam tubuh dan meningkatkan hidrasi, sehingga membuat anda merasa lebih baik.
    Juga, antioksidan yang terdapat dalam air kelapa muda akan melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh banyaknya asupan alkohol. Air kelapa juga akan membantu menetralkan perut asam.
    Anda dapat membuat smoothie dengan memadukan 2 cangkir air kelapa muda tanpa gula dan mangga matang, 2 sampai 3 sendok makan jus lemon, 2 tangkai mint segar serta ½ cangkir es. Hmmm … yummy.
    4. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Manfaat air kelapa muda berikut ini mungkin tidak anda duga. Air kelapa muda adalah minuman yang ideal untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan air kelapa muda rendah kalori dan ringan di perut. Bahkan, minuman ringan dan menyegarkan ini mengandung berbagai enzim bioaktif yang membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme lemak.
    Air kelapa muda juga kaya akan kalium, yang membantu mengimbangi natrium. Natrium berlebih dalam tubuh cenderung menyebabkan retensi/penyimpanan air, yang berkontribusi terhadap berat jenis air. Dengan demikian, air kelapa membantu pembuangan kelebihan air serta racun dari tubuh anda.
    Anda dapat minum segelas minuman kesehatan ini 3 atau 4 kali seminggu untuk memfasilitasi penurunan berat badan anda. Namun jangan juga minum air kelapa muda terlalu berlebihan karena dapat menambahkan lebih banyak kalori dari yang anda inginkan.
    5. Mengatasi Sakit Kepala
    Kebanyakan sakit kepala, bahkan migrain, dipicu oleh dehidrasi. Dalam kasus tersebut, air kelapa muda dapat membantu dalam memasok elektrolit ke dalam tubuh dan meningkatkan hidrasi.
    Air kelapa muda juga kaya akan magnesium. Orang yang menderita migrain sering memiliki tingkat magnesium yang rendah. Penelitian menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu mengurangi frekuensi serangan migrain.

    7. Menyeimbangkan Tingkat pH Tubuh

    Stres, beban racun dan makanan tinggi asam, seperti makanan cepat saji, sering menyebabkan tingkat pH tubuh menjadi asam yang dapat mengarah pada energi yang rendah serta mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral. Selain itu, pH asam memberi kontribusi untuk masalah-masalah seperti tekanan pada fungsi hati, rheumatoid arthritis (radang sendi), osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi dan defisiensi imun.
    Air kelapa muda memiliki efek alkali yang membantu mengembalikan pH yang sehat dalam tubuh. Mereka juga membantu mengalkali tingkat pH asam yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.
    8. Mengatur Gula Darah
    Manfaat air kelapa muda lainnya yang tak kalah penting adalah membantu mengendalikan tingkat gula darah. Air kelapa muda mengandung asam amino dan serat makanan yang membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.
    Mereka membantu dengan masalah-masalah umum yang sering dihadapi oleh orang-orang yang menderita diabetes. Mereka juga membantu mengendalikan berat badan anda. Karena membantu meningkatkan sirkulasi, air kelapa muda juga baik untuk mengurangi gejala seperti mati rasa di kaki dan kecenderungan untuk terjadinya aterosklerosis.
    Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Journal Food and Function mempelajari efek terapi air kelapa dan menemukan bahwa mereka membantu menurunkan kadar glukosa darah dan stres oksidatif.
    9. Diuretik Alami
    Air kelapa muda bertindak sebagai diuretik alami, sehingga merangsang produksi dan pembuangan urin serta membersihkan tubuh dari racun. Mereka juga membantu mencegah masalah seperti infeksi saluran kemih.
    Karena kandungan kaliumnya yang tinggi, air kelapa juga membantu alkalisasi urin dan melarutkan beberapa jenis batu ginjal untuk kemudian membuangnya keluar dari tubuh.
    Untuk menambah keefektifannya, tambahkan sedikit garam ke dalam secangkir air kelapa muda dan minum sekali atau dua kali sehari. Selain sifat diuretik, air kelapa muda juga memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan infeksi kandung kemih.
    Catatan: Jangan minum air kelapa jika ginjal tidak berfungsi dengan baik dan anda memiliki kadar kalium yang tinggi.
    10. Melambatkan Proses Penuaan
    Salah satu manfaat air kelapa muda yang mengagumkan adalah ia mengandung sitokinin yang memiliki efek anti-penuaan pada sel-sel dan jaringan. Hal ini akan mengurangi risiko perkembangan penyakit degeneratif dan penyakit-penyakit lain yang berkaitan dengan usia.
    Air kelapa hijau yang menyegarkan juga memelihara dan menghidrasi kulit anda agar tetap lembut dan halus. Selain itu, Anda dapat mencampur air kelapa muda dengan 2 sendok teh bubuk cendana untuk membuat pasta, setelah itu oleskan pada kulit anda dan bilas ketika mengering sepenuhnya untuk menjaga kulit tampak lebih muda

    No comments:

    Post a Comment